JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Analisis Pelayanan Jalan Soekarno-Hatta Sebelum dan Sesudah Penerapan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Bandung

Marselly Dwiputri (Universitas Indraprasta PGRI)
Rafi Mentari (Universitas Indraprasta PGRI)
Sarah Aisha (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Kemacetan pada ruas jalan Soekarno-Hatta yang merupakan jalan arteri primer kota Bandung dapat menimbulkan kerugian materiil maupun in-materiil akibat waktu tempuh yang lama, dampak dari kemacetan tersebut dapat mempengaruhi berbagai aktivitas masyarakat Kota Bandung. Dengan pesatnya pertumbuhan lalu lintas harus diimbangi pula dengan peningkatan sarana dan prasarana transportasi yang memadai agar tidak menimbulkan hambatan dan kemacetan jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan pada ruas jalan Soekarno-Hatta dan mengetahui kapasitas jalan pada lalu lintas dua lajur dua arah di lokasi penelitian sebelum dan sesudah AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Berdasarkan tinjauan kinerja jalan dalam menampung volume kendaraan pada siang dan sore hari pada hari biasa dan hari libur, terdapat perbedaan volume lalu lintas kendaraan dan tingkat pelayanan lalu lintas kendaraan sebelum dan sesudah pelaksanaan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), kapasitas jalan eksisting di jalan Soekarno-Hatta sebelum penerapan AKB melebihi batas pelayanan yang seharusnya, dimana tingkat pelayanan sudah berada pada level D, sedangkan setelah penerapan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) tingkat pelayanan lalu lintas berubah menjadi level B. Perlu diterapkan strategi TDM (Transport Demand Management) untuk mengatasi permasalahan terkait volume dan pelayanan lalu lintas Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...