Guru merupakan profesi dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa. Ketika pandemi berlangsung, guru dituntut untuk beradaptasi dalam melaksanakan pembelajaran sistim online. Perubahan tersebut merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mempelajari keterampilan baru dengan mencurahkan waktu, tenaga dan sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi mengenai sistem belajar online bagi guru generasi X dan Y selama masa pandemi. Pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dan observasi terhadap 4 guru sekolah menengah atas (SMA) dari generasi X dan Y. Analisis data menggunakan analisis tema melalui pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan 6 tema utama yaitu kompetensi, kreativitas dalam penguasaan teknologi informasi, model komunikasi dengan orang tua, tantangan yang dihadapi, dampak positif pandemi dan dukungan dari pimpinan maupun institusi. Penelitian ini akan menambah literatur mengenai adaptasi guru generasi X dan Y dalam pembelajaran online masa pandemi.
Copyrights © 2022