JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Gambaran Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar selama Masa Pandemi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Muaro Jambi

Retno Ayu Fadilla (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Rasimin Rasimin (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Fellicia Ayu Sekonda (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah kehadiran siswa selama proses belajar online secara signifikan, serta kondisi pembelajaran daring menyebabkan guru kesulitan untuk mengontrol dan menjaga iklim belajar karena terbatas dalam ruang virtual maka diperlukannya peran orang tua dalam mendampingi belajar selama masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kualitas peran orang tua dalam mendampingi belajar selama masa pandemi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data diambil menggunakan angket secara langsung turun ke lapangan dengan menggunakan google form. Hasil penelitian ini yaitu gambaran peran orang tua dalam mendampingi belajar selama masa pandemi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Muaro Jambi berada pada kualitas sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...