Penelitian ini dipicu oleh kebutuhan akan bahan ajar mata kuliah Matematika dalam Khazanah Islam. Metode yang digunakan adalah research and development atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk, serta menguji produk yang telah dikembangkan. Produk yang dihasilkan merupakan bahan ajar kajian pembelajaran matematika bernuansa islami, yang diharapkan dapat diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual. Prosedur penelitian dan pengembangan yang diterapkan meliputi tujuh langkah, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba terbatas, uji lapangan, dan produksi secara terbatas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Uninus yang telah atau sedang mengikuti perkuliahan Logika dan Himpunan. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar validasi, angket, lembar observasi kegiatan dosen, kuis, dan lembar observasi aktivitas mahasiswa. Simpulan yang diperoleh adalah, bahan ajar yang telah dirancang: valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2022