Kemampuan berfikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dipengaruhi oleh kecerdasan yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses berfikir kreatif siswa ditinjau dari kecerdasan majemuk siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas IX B MTs Nurul Muslim Jepara. Analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mendeskripsikan proses berfikir kreatif matematis siswa ditinjau dari kecerdasan majemuk. Indikator kemampuan berfikir kreatuf matematis dalam penelitian ini adalah Kelancaran (fluency), Kelenturan (flexibility), Orisinalitas (originality) dan Elaborasi (elaboration). Hasil penelitian diperoleh (1) siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis dan interpersonal mampu menyelesaikan semua indikator kemampuan berfikir kreatif matematis, (2) siswa yang memliki kecerdasan visual spasial, musikal, naturalis mampu menyelesaikan indikator kelancaran, kelenturan dan orisinalitas, (3) siswa yang memiliki kecerdasan verbal linguistik, kinestetik dan intrapersonal baru mampu menyelesaikan indikator kelancaran dan kelenturan saja.
Copyrights © 2022