Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Materi Aritmatika Sosial

Fitriana Yolanda (Universitas Islam Riau)
Asmawati Hasanah (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP yang teruji kevalidannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (desain), tahap development (pengembangan), tahap Implementation (Pelaksanaan), dan tahap Evaluation (evaluasi). Pada model ADDIE peneliti tidak menggunakan tahap Implementation (Pelaksanaan), dan tahap Evaluation (evaluasi) dikarenakan pada tahun ajaran 2020/2021 sedang terjadi pandemi Covid-19 sehingga proses pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dengan menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi RPP sebesar 87,76% dengan kategori sangat valid, dan rata-rata validasi LKPD sebesar 88,52% dengan kategori sangat valid. Sedangkan rata-rata validasi RPP setiap aspek penilaian diperoleh sebesar 88,32% dengan kategori sangat valid, dan rata-rata validasi LKPD setiap aspek penilaian diperoleh sebesar 89,19% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD yang teruji kevalidannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...