Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi karakterisasi disposisi matematis siswa berdasarkan gestur siswa dalam menyelesaikan masalah program linear. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain grounded theory. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di kelas XI MAN Kota Batu. Instrumen yang digunakan meliputi soal tentang materi program linear, lembar observasi yang disusun berdasarkan tiga kategori gestur, dan pedoman wawancara dengan kisi-kisi yang dibuat berdasarkan karakterisasi disposisi matematis. Subjek terdiri dari dua siswa. Proses pemilihan subjek secara convenience sampling. Dua subjek dipilih dari 22 siswa yang melaksanakan tes kemampuan awal. Dua subjek yang kemampuan awalnya terpenuhi kemudian dieksplorasi mengenai karakterisasi disposisi matematisnya melalui tes penyelesaian masalah, wawancara dan observasi. Analisis data menunjukkan bahwa jenis gestur yang mendominasi adalah gestur representasi. S1 menunjukkan tiga kali gestur representasi, sedangkan S2 menunjukkan dua kali gestur representasi. Berdasarkan gestur yang muncul diperoleh petunjuk untuk mengungkapkan karakteristik disposisi matematis, yakni langsung dan tidak langsung. Dalam penelitian ini, S1 menunjukkan disposisi langsung, sedangkan S2 menunjukkan disposisi langsung dan tidak langsung. Disposisi langsung menggambarkan proses penyelesaian masalah yang terjadi seketika saat siswa menemui hambatan. Sedangkan, disposisi tidak langsung menunjukkan proses penyelesaian masalah yang baru terjadi beberapa saat setelah siswa menemui hambatan.
Copyrights © 2022