Berbagai kendala atau kesulitan dihadapi oleh guru selama proses pembelajaran secara daring, salah satunya adalah kendala pada perkembangan keterampilan komunikasi siswa. Keterampilan komunikasi matematis siswa perlu mendapatkan perhatian lebih selama pembelajaran daring dilaksanakan. Namun, berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VII di SMP Negeri 50 Surabaya, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran daring, siswa kurang mampu menuliskan proses pemecahan masalah pada materi aljabar dengan baik. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tulis siswa di SMP Negeri 50 Surabaya berdasarkan kemampuan matematika siswa selama pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan wawancara kepada siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang baik, siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang cukup baik, dan siswa dengan kemampuan matematis rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang kurang baik.
Copyrights © 2022