AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION POKOK BAHASAN BANGUN RUANG

Ernawati Ernawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada pokok bahasan Bangun Ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Muhammadiyah 12 Makassar dengan pendekatan matematika realistik. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini meliputi: Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah12 Makassar, dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX dengan jumlah siswa 22 orang. penelitian ini, hanya dilakukan ujicoba terbatas sehingga masih perlu dikembangkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP dengan pendekatan matematika realistik. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu pendefinisian, perancangan pengembangan danpenyebaran. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini berupa RPP, LKS, dan Buku Siswa yang sudah di validasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang meliputi Buku Siswa, LKS, dan RPP berada pada kriteria valid, sehingga dapat di gunakan; (2) skor rata-rata pada tes hasil belajar berada pada skor sedang yaitu;9,09%dengan standar deviasi 1,36% dari skor ideal 100, dengan siswa sebanyak 22 orang (2) aktivitas siswa dan aktivitas guru cenderung positif; (3) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang di buat dalam kegiatan pembelajaran matematika cenderung positif; dan (4) siswa aktif dan kreatif mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education Pokok Bahasan bangun ruang siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 12 makassar maka kesiapan dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dapat berkembang dengan baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...