OrchidAgro
Vol 2, No 1 (2022)

Respon Pertumbuhan Tanaman Anggrek (Phalaenopsis fimbriata JJ. Smith) Akibat Perlakuan Berbagai Media Tanam Di Pembenihan

Hilda Nur Syafira (Mahasiswa Program Studi Agroteknologi akultas Pertanian Universitas Winaya Mukti Jl Raya Bandung-Sumedang km 29 Kode Pos 45362)
Ai Komariah (Dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti Jl Raya Bandung-Sumedang km 29 Kode Pos 45362)
Reni Nurhayatini (Dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti Jl Raya Bandung-Sumedang km 29 Kode Pos 45362)
Romiyadi Romiyadi (Dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti Jl Raya Bandung-Sumedang km 29 Kode Pos 45362)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan media tanam yang mampu memberikan pertumbuhan terbaik terhadap anggrek Phalaenopsis fimbriata. Penelitian ini dilaksanakan di Screen house, Puskopad, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang dengan ketinggian tempat 850 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) sederhana dengan 4 ulangan dan 7 taraf, yaitu A = Sphagnum moss, B = Pakis, C = Akar Kadaka, D = Cocofiber, E = Sekam Bakar, F = Cocochip dan G = Hidrogel. Hasil penelitian menunjukan: 1. Berbagai media tanam dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan benih anggrek Phalaenopsis fimbriata pada variabel pertumbuhan jumlah daun, panjang daun, lebar daun dan bobot segar.2. Media tanam akar kadaka memberikan pertumbuhan terbaik pada benih anggrek Phalaenopsis fimbriata pada variabel pertumbuhan jumlah daun, panjang daun, lebar daun dan bobot segar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

orchidagro

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

OrchidAgro merupakan jurnal yang memuat artikel dari hasil kajian penelitian yang meliputi bidang ilmu pertanian dimana mencakup bidang agroteknologi yang telah melewati proses review dan dipastikan proses review bersifat double blind review. Diterbitkan oleh Fakultas Pertaniaan Universitas Winaya ...