Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 01 No. 01 Tahun 2021

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ( APE ) TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK IN PAUD TUNAS BANGSA PODOMORO PRINGSEWU: indonesia

Nada Sholiha Romadhona (STIT Pringsewu)
Nurhadi Kusuma (STIT Pringsewu)
syeh al ngarifin (STIT Pringsewu)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2020

Abstract

Abstrack The problem of this research is the development of cognitive development in children. This study aims to determine the effect of the use of instructional media on educational learning tools to improve children’s cognitive development. This research is a quantitave . The population of this study is a group of aids buds of podomoro nation pringsewu sub-district, preweew district, amounting to forty one children and the sample was forty one children. Data collection techniques use observase and questionnaries. Data were analysed using regression tests. The results of this study showed an increase in children’s cognitive development with learning media educational game tools with t arithmetic = 10,405 with a significant value of 0,682 > 0,05 , then h0 is accepted which means there is a significant effect of the variable then on the participant variable of 68,2%. Keyword : Cognitive development , learning media Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran alat permainan edukatif APE terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelompok A PAUD Tunas Bangsa Podomoro Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu berjumlah 41 anak dan sampelnya berjumlah 41 anak . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji regeranssion. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan perkembangan kognitif anak dengan media pembelajaran alat permainan edukatif APE dengan di ketahui nilai Thitung = 10,405 dengan nilai signifikan 0,682 > 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruhnya yang nyata ( signifikan ) variable trust ( x ) terhadap variable partisipan ( Y ) sebesar 68,2 %. Kata Kunci : Perkembangan Kognitif , Media APE

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alibda

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

AL-IBDA’ merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA’ menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian ...