Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Pengembangan Buku Cerita IPS Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pada Tema Pahlawanku Kelas IV SD

Indah Andri Susanti (Universitas Negeri Semarang)
Eko Handoyo (Universitas Negeri Semarang)
Sri Susilogati Sumarti (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2022

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu alat atau benda yang dapat digunakan untuk perantara menyalurkan isi pelajaran atau materi yang disampaikan agar peserta didik mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan sebelum melakukan penelitian menunjukkan kegiatan belajar masih menggunakan buku kurikulum 2013, media pembelajaran masih minim digunakan mengakibatkan siswa kurang menyukai mata pelajaran IPS yang berdampak pada kemampuan literasi membaca siswa kurang. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dilakukan di SD 1 Gribig yang berjumlah 31 siswa. Hasil validasi diperoleh validator media dengan nilai 52 kategori sangat valid, validator Bahasa dengan nilai 38 kategori sangat valid dan validator materi dengan nilai 45 sangat valid. Hasil nilai preetest dan posttest diuji menggunakan nilai N-gain. Hasil nilai N-gain yaitu 0,6134 dengan kategori sedang artinya buku cerita IPS berbasis kearifan lokal cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...