Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022

Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Salsabila, Rizka (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Peran orang tua dalam menentukan hasil belajar siswa sangatlah penting. Jika peran orang tua dalam  pendidikan kurang baik atau tidak baik bagi anaknya, maka dapat mengakibatkan kurangnya atau bahkan tidak berhasilnya anak dalam proses belajarnya. Peran orang tua juga sangat diperlukan dalam memberikan edukasi kepada anak yang belum memahami pandemi yang sedang mewabah agar anaknya tetap berdiam diri di rumah, sehingga tidak mudah tertular maupun menularkan virus covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode yang bersifat deskriptif.  Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang tua siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 sangatlah besar dan dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar anak. Bimbingan, perhatian, motivasi, fasilitas yang diberikan orang tua terhadap anak sangat dibutuhkan oleh anak, terutama pada masa pandemi covid-19 ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...