Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022

Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL)

Isma, Teguh Wijaksana (Unknown)
Putra, Rido (Unknown)
Wicaksana, Tiara Indah (Unknown)
Tasrif, Elfi (Unknown)
Huda, Asrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Proses pembelajaran masih belum maksimal karena model pembelajaran yang digunakan masih konvesional. Peserta didik kurang diberi kesempatan menyusun pengetahuannya sendiri dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak kepada minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik ketika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.  Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dari penelitian yang dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal di internet. Dari penelusuran didapatkan 22 jurnal yang sesuai dengan kategori yang ingin diteliti yang terdiri atas 4 jurnal berhubungan dengan Sekolah Dasar, 5 jurnal berhubungan dengan Sekolah Menegah Pertama, 9 jurnal berhubungan dengan Sekolah Menegah Atas, dan 4 jurnal berhubungan dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis 22 jurnal tersebut, diketahui  bahwa terjadi kenaikan hasil belajar siswa ketika menggunakan metode tersebut. Kenaikan hasil belajar terbesar terjadi pada tingkatan Sekolah Menegah Atas. Sedangkan untuk kenaikan hasil belajar terkecil yaitu pada tingkatan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). Penerapan model Problem Based Learning sebagai alternatif kegiatan belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...