Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 3 (2021): November

Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Empati Anak Usia 9-12 Tahun

Fajarwati, Yasinta Elva (Unknown)
Nugrahanta, Gregorius Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Masalah pendidikan di Indonesia sangatlah kompleks karena di semua aspeknya terdapat persoalan yang perlu diselesaikan. Degradasi moral telah merajalela dalam dunia pendidikan sehingga menjadi dampak buruk dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan buku pedoman permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter empati anak usia 9-12 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini melibatkan melibatkan 7 guru Sekolah Dasar yang sudah tersertifikasi dari berbagai daerah untuk melakukan analisis kebutuhan, 8 validator untuk expert judgement, dan6 anak untuk uji coba buku pedoman secara terbatas. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik nontes dan tes. Teknik nontes ditujukan kepada guru untuk instrumen analisis kebutuhan dengan kuesioner terbuka dan tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan program komputer IBM SPSS Statistics version 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas buku pedoman permainan tradisional memiliki rerata skor sebesar 3,93 (skala 1-4), dengan rekomendasi “sangat baik”. Penerapan buku permainan tradisional berpengaruh terhadap karakter empati anak usia 9-12 tahun. Hasil uji signifikansi t(5) = 12.969, p = 0,000 (p < 0,05). Besar pengaruh sebesar r = 0,985 yang masuk kategori “efek besar” setara dengan pengaruh 97,10%, artinya penerapan buku pedoman permainan tradisional ini dapat menjelaskan 97,10% perubahan varian yang terjadi pada karakter empati anak. Tingkat efektivitas ditunjukkan dengan N-gain score sebesar 92.012% yang masuk dalam kategori “Tinggi”. Maka, buku pedoman permainan tradisional layak dan efektif digunakan dalam menumbuhkan karakter empati anak usia 9-12 tahun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...