RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 1 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Irvia Eriza (Universitas Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Mata pelajaran matematika adalah ilmu yang mendasari mendasari perkembangan teknologi modern. Peneliti ingin menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe DTDT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Objek penelitian adalah SMK Negeri 1 Solok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan kuasi eksperimen dengan desain posttest-only design. Populasi dan objek yang diteliti yaitu 108 siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI jurusan akuntansi tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui eksperimen dan kuesioner. Pengujian instrumen yang dilakukan adalah dengan uji validitas dan realibilitas dengan menggunakan korelasi pearson product moment, dan alpha cronbach. Pengujian instrumen hasil belajar menggunakan product moment, Kuder-Richardson 20, Daya Beda, dan Difficulty Index (P). Teknik pengujian hipotesis menggunakan teknik Multivariate Analysis of Varians (Manova). Sebelum data dianalisis untuk pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji homogenitas matrik varian kovarian sebagai uji persyaratan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model kooperatif tipe DTDT pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Namun, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Dan penggunaan model kooperatif tipe DTDT pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Namun, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...