Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
Vol 9, No 1 (2022)

Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini

Ristra Sandra Ritonga (Universitas Pembangunan Panca Budi)
Zulfahmi Syahputra (Universitas Pembangunan Panca Budi)
Daud Arifin (Universitas Pembangunan Panca Budi)
Intan Maya Sari (Universitas Pembangunan Panca Budi)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang memiliki proses diawali dari pola pikir individu yang akan menjalankan proses hingga pada kegiatan psikis atau mental. Masih ada beberapa anak yang belum mampu untuk memahami secara baik dalam mengenal hewan-hewan hanya melalui gambar yang ada di poster saja. Pengenalan hewan pada anak usia dini dapat membantu meningkatkan perkembangan kognitif yang menjadi salah satu penentu kesuksesan anak di masa yang akan datang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran smart board berbasis augmented reality untuk pengenalan hewan pada anak usia dini; dan (2) mengetahui pengaruh media pembelajaran smart board berbasis augmented reality untuk pengenalan hewan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RD), dengan menggunakan prosedur penelitian model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validasi yang diberikan kepada validator, guru, dan peserta didik. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara dan dokumentasi untuk memperjelas hasil penelitian. Adapun uji kelayakan pada produk sebesar 77,17% dimana sudah masuk dalam kategori layak untuk diuji cobakan pada kelompok kecil. Hasil uji coba yang dilakukan adalah sebesar 85,6%, artinya produk media pembelajaran layak untuk digunakan dala proses pembelajaran pengenalan hewan pada anak usia dini di PAUD Ummul Habibah Klambir V. Maka media pembelajaran smart board berbasis augmented reality sangat efektif dan berpengaruh untuk meningkatkan kognitif anak usia dini terutama pada pengenalan hewan.

Copyrights © 2022