Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 1, No 01 (2020): JP-IPA: Mei 2020

Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bolo

Firmansah Firmansah (STKIP Harapan Bima, NTB)
Syaiful Islami (STKIP Harapan Bima, NTB)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini adalah termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan alur kegiatan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: rencana tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi atau evaluasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2019/2020 menggunakan model learning cycle berbantuan kartu. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai,54,29%, dan aktivitas belajar siswa 13,725 berada dalam kategori cukup aktif. Pada siklus II meningkat menjadi 77,14%, dan aktivitas siswa juga meningkat menjadi 16,15. Pada siklus III ini, menjadi 88,89%, dan, aktivitas belajar siswa 18,25 termasuk dalam kategori aktif. Ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target kurikulum yang diharapkan yaitu sebesar ³ 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model Learning Cycle berbantuan kartu dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII A semester II di SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...