Penelitian ini adalah termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan alur kegiatan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: rencana tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi atau evaluasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2019/2020 menggunakan model learning cycle berbantuan kartu. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai,54,29%, dan aktivitas belajar siswa 13,725 berada dalam kategori cukup aktif. Pada siklus II meningkat menjadi 77,14%, dan aktivitas siswa juga meningkat menjadi 16,15. Pada siklus III ini, menjadi 88,89%, dan, aktivitas belajar siswa 18,25 termasuk dalam kategori aktif. Ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target kurikulum yang diharapkan yaitu sebesar ³ 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model Learning Cycle berbantuan kartu dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII A semester II di SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2019/2020.
Copyrights © 2020