Keselamatan pasien dan kualitas perawatan adalah prioritas di semua layanan kesehatan termasuk rumah sakit. Rumah Sakit memfasilitasi pemberian edukasi yang merupakan faktor penunjang partisipasi pasien dan keluarga dalam proses optimalisasi asuhan.Studi kasus ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan supervisi pemberian edukasi pasien dan keluarga di RS Jakarta Selatan. Data dikumpulkan melalui observasi, penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis menggunakan diagram fishbone.Implementasi yang dilakukan dengan membuat instrumen supervisi pemberian edukasi dan observasi pendokumentasian pemberian edukasi pasien dan keluarga. Edukasi merupakan salah satu intervensi yang dilakukan oleh perawat. Pelaksanaan pemberian edukasi pasien dan keluarga dapat meningkatkan kualitas asuhan keperawatan. Perbaikan form pemberian edukasi pasien dan keluarga, pengesahan instrumen supervisi dan observasi pemberian edukasi pasien dan keluarga merupakan elemen penting dalam mencapai kualitas pelayanan keperawatan.
Copyrights © 2020