JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Susilowati, Titi (Unknown)
Trisnamansyah, Sutaryat (Unknown)
Syaodih, Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan analisis tentang manajemen pendidikan inklusi dalam meningkatkan mutu pendidikan berdasar aspek-aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, hambatan, dan solusi dalam pendidikan inklusi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan inklusi di Sekolah sudah dituangkan dalam pada RPP umum yang kemudian di modifikasi/di sesuaikan dengan kemampuan masing-masing ABK. Pengorganisasian dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi, pimpinan menugaskan langsung koordinator inklusi. Dalam pengorganisasiaan Sekolah hanya memasukan bagian Kurikulum sekolah/dibantu GPK untuk menentukan kurikulum Pembelajaran seperti apa yang harus di kerjakan. Pelaksanaan pendidikan inklusi diimpelemetasikan pada penyusunan RPP bagi sekolah penyelenggara inklusif yang melihat dari siswa berkebutuhan khususnya yang berada di kelas masing-masing dengan jenis hambatan seperti apa untuk itu di susunlah RPP dalam bentuk penyesuaikan dalan capaian Pembelajaran pada peserta didik itu sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...