Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
Vol 7, No 1 (2022): MARET

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS DAN PERAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (STUDI PADA UB FRESH MART DI KOTA MALANG)

Anang Pujianto (Universitas Widyagama)
Yekti Intyas Rahayu (Universitas Widyagama Malang)
Zulkifli Zulkifli (Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

 Pelanggan yang loyal ditandai dengan melakukan pembelian yang berulang dan memiliki keinginan untuk merekomendasikan kepada orang lain atas produk yang dianggap memuaskannya. Konsumen yang loyal merupakan sumber pendapatan tetap yang menguntungkan bagi perusahaan. Namun, untuk membentuk loyalitas konsumen diperlukan usaha-usaha pemasaran yang baik, yaitu dengan menumbuhkan kepercayaan dan memberikan kepuasan kepada konsumennya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas yang di mediasi oleh kepuasan pelanggan pada UB Fresh Mart di kota malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Partial Least Square (PLS) untuk menguji hubungan antar variabel. Sampel yang di ambil berjumlah 96 konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan semakin baik kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta loyalitas pelanggan di UB Fresh Mart meningkat. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik diharapkan mampu meningkatkan penjualan sehingga pendapatan perusahaan juga meningkat.Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas. Loyal customers characterized by repeat purchases and have a desire to recommend to others for products that are considered satisfying. Loyal customers is a profitable source of income for the company. However, it is necessary to establish customer loyalty marketing efforts are good, with growing confidence and satisfaction to their customers. This study aims to determine the effect of service quality on loyalty mediated by customer satisfaction on UB Fresh Mart in Malang city. This study uses quantitative methods with Partial Least Square (PLS) analysis to examine the relationship between variables. Samples taken were 96 consumers.The results of this study showed that service quality can increase customer satisfaction and then customer loyalty in UB Fresh Mart increases too. With the service quality hoped that can increase sales so the company income increases.Key word : service quality, customer satisfaction, loyalty

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimmu

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Journal of Scientific JIMMU Program master of Management UNISMA. JIMMU will be published twice in March and September. With the uniqueness of two times to enable the translation that can be done both quantitative and qualitative. making research into Indonesia's economy 4.0. The JIMMU topics include ...