JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH
Vol 5, No 1 (2022): February 2022

APLIKASICERDASMEMBANTUORANGTUAMENINGKATKANKECERDASANANAK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PANDEMI COVID -19 DENGANALGORITMAC4.5.

Erika Fahmi Ginting (STMIK Triguna Dharma)
Khairi Ibnutama (STMIK Triguna Dharma)
Sri Kusnasari (STMIK Triguna Dharma)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Pada masa pandemi covid19 sekarang, para orang tua harus berperan langsung menjadi guru selama pembelajaran online daris ekolah untuk anak-anak mereka di rumah. Mengetahui potensi kecerdasan anak tentunya merupakan hal penting bagi orangtua. Dengan menganalisa kemampuan otak kanan dan kiri seorang anak dapat diarahkan dan berkembang sesuai dengankemampuanmasing-masing.kemampuan otak anak pada usia 6 sampai 12 tahun sangat baik untuk membuat orang tua dan guru menjadi lebih selektif dalam menentukan metode pembelajaran yang cocok untuk menerapkannya kepada anak.Sistem yang akandibangun pada penelitianinimemungkinkanuntukmengetahui potensikecerdasan otak yang dimiliki seorang anak dengan pengklasifikasian berdasarkan alternatifdari keadaan kecerdasan otakkanan atau otak kiri yang disediakan dalam basis data untuk mengetahui potensi anak. Proses pengklasifikasian potensikecerdasanyangdimilikianakdilakukanmenggunakanpolametodeAlgoritmaC4.5daribidangilmuDataMining. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi yang dapat membantu para orang tua dalam memahami potensi yang dimiliki seorang anak Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan algoritma klasifikasi dengan menggunakan metode C4.5  dapat dilakukan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki anak unttuk mmebantu para orang tua selama proses daring dimasa pandemi. Adapun hasil pembuatan sistem yang dilakukan telah diuji  dengan menggunakan Rapid Miner dan mendapatkan hasil accurasy sebesar 90 % dan clasification error dengan nilai 10%..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Science and Social Research is accepts research works from academicians in their respective expertise of studies. Journal of Science and Social Research is platform to disclose the research abilities and promote quality and excellence of young researchers and experienced thoughts towards ...