Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 1 (2022): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Strategi Guru dalam Upaya Membentuk Motivasi Belajar Siswa MTS AL-IKHLAS KUALUH LEIDONG

Dea Ayu Puspita (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Indra Indra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Restiana Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Titi Nuraini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Al-Ikhlas Kualuh Leidong dan menjadikan siswa sebagai subjek penelitian. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling dengan jumlah informan sebanyak satu orang yang terdiri dari guru honor. Uji keabsahan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji credibility, uji transferability dan uji confirmability. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dokumentasi, wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa strategi guru dalam upaya membentuk motivasi belajar di MTs Al-Ikhlas Kualuh Leidong yaitu dengan membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana belajar menyenangkan, komentar dan pujian, menciptakan persaingan dan kerjasama, memberikan penilaian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...