Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 1 (2022): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Epistemologi dalam Pembelajaran Geografi

Aruyan Suharsi Kurniasi (Universitas Negeri Jakarta)
Muhammad Zid (Universitas Negeri Jakarta)
Ahman Sya (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Geografi adalah studi tentang geosfer bumi, yang terdiri dari lapisan-lapisan seperti atmosfer, hidrosfer, biosfer, litosfer, dan antrosfer. Kelima tingkatan di atas masing-masing mengkaji dan membahas pengertian, jenis, metode, pembagian berdasarkan faktor, struktur, unsur, kaidah, proposisi, dan penerapan tertentu. Tujuan epistemologi adalah untuk menemukan solusi sistematis, empiris, dan dapat diverifikasi untuk pertanyaan tentang asal usul alam semesta. Literatur ini mencoba menjelaskan komponen epistemologi geografi dengan meninjau beberapa dokumen yang menerapkan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Karena itu sangat disarankan untuk menggabungkan kedua pendekatan tersebut dalam kajian fisika dan humaniora agar hasil penelitian geografi lebih menyeluruh. Metode keruangan (spasial), pendekatan lingkungan (ekologis), dan pendekatan kompleks wilayah (ekosistem). semuanya dapat digunakan dalam analisis epistemologis saat mempelajari geografi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...