Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 1 (2022)

Peningkatan Capacity Building Guru Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif Kabupaten Purbalingga Berbasis Active Learning

Ahmad Sahnan (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Siswadi Siswadi (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Riris Eka Setiani (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis prodi ini bermaksud untuk menambah pengetahuan sekaligus mengembangkan kapasitas guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Ma`arif Purbalingga. Pengabdian ini menggunakan pendekatan andragogik melalui program workshop active learning. Adapun sasaran dari program pengabdian ini ialah guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Ma`arif Purbalingga dengan jumlah 30 orang peserta yang dilaksanakan hari kamis 12 Agustus 2021. Materi yang disampaikan meliputi pengelolaan kelas, active learning, dan memahami gaya belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dari program ini bahwa implementasi pembelajaran aktif harus didukung dengan pengelolaan kelas yang baik. Pengelolaan kelas ini merupakan salah satu indikator tercapainya pembelajaran aktif. Selain itu guru-guru memperoleh wawasan dan pengetahuan seputar strategi pembelajaran aktif pada gilirannya proses pembelajaran di sekolah akan berlangsung aktif dan menyenangkan. Melalui program workshop ini guru-guru menyadari bahwa sudah sepatutnya kegiatan seperti ini dilakukan secara berkesinambungan agar sumber daya manusia semakin meningkat dan tentunya kapasitas guru-guru madrasah ibtidaiyah semakin baik ke depannya sehingga melahirkan generasi yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sukses dalam dunia akademik maupun di luar akademik.  This study program-based community service activity aims to increase knowledge and develop the capacity of madrasah Ibtidaiyah maarif Purbalingga teachers. This service uses an andragogic approach through an active learning workshop program. The targets of this service program are teachers of Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Purbalingga with 30 participants, which will be held on Thursday, 12 August 2021. The material presented includes classroom management, active learning, and understanding student learning styles. The results achieved from this program are that the implementation of active learning must be supported by good classroom management. Classroom management is one indicator of the achievement of active learning. In addition, teachers gain insight and knowledge about active learning strategies, which will make the learning process in schools active and fun. Through this workshop program, teachers realize that activities like this should be carried out continuously to increase human resources. Of course, the capacity of Madrasah Ibtidaiyah teachers will be better in the future to give birth to a generation that has the knowledge, skills, values and success in the academic or outside academic world. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...