KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Vol 10 No 2 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika

SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PRODUK DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI CV. XYZ

Iqbal Aditya Pangestu (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia)
Gentisya Tri Mardiani (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Saat ini, CV XYZ menghadapi permasalahan yaitu sulit menentukan produk yang mungkin diminati oleh pelanggan dan akan ditawarkan kepada pelanggan. Hal ini dilakukan karena perusahaan ingin pelanggan tertarik melakukan pembelian tidak hanya membeli produk yang sama secara terus menerus. Diketahui bahwa saat ini, lebih dari 50% pada tiga bulan terakhir pelanggan membeli produk yang sama. Belum memiliki sistem penanganan keluhan yang dapat membantu proses penanganan keluhan secara langsung dan mengenai penyebaran informasi mengenai promo dan produk-produk yang dijual di CV. XYZ yang belum dapat menyebarkan secara luas Salah satu cara membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan membangun sistem yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan produk yang akan direkomendasikan, dalam hak ini dapat menggunakan metode Item Collaborative Filletering, dengan pendekatan Customer Relationship management (CRM) Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam melakukan proses rekomendasi produk dengan pengiriman informasi rekomendasi melalui SMS, penyebaran informasi promosi dan produk melalui website, dan proses penanganan keluhan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komputa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah KOMPUTA (Komputer dan Informatika), adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di bidang kelimuan Komputer dan Informatika. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan ...