Journal of Education Research
Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020

Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak

Nadia Intan Suradinata (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Ega Asnatasia Maharani (Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita berbantu media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa TK A berusia 4-5 tahun sebanyak 28 orang anak, sedangkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 14 orang anak. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda. Berdasarkan analisis data diperoleh indeks perbedaan atau nilai t = -7,691 dan sig 2 tailed 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan berupa metode bercerita berbantu media boneka tangan. Terdapat dua aspek berbicara yang meningkat secara signifikan yaitu aspek penguasaan kosakata dan lafal ucapan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...