Idea Nursing Journal
Vol 13, No 1 (2022): Idea Nursing Journal

HUBUNGAN REINFORCEMENT KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Fara Fichria (Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala)
Fithria Fithria (Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala)
Yuni Arnita (Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Stigma negatif yang berkembang di kalangan masyarakat terhadap ABK mempengaruhi dukungan keluarga khususnya orang tua kepada anak, berdasarkan data dari Kemendikbud (2009) hanya 14,4% ABK berada di institusi seperti sekolah, panti dan lembaga kesejahteraan anak. ABK juga mampu berprestasi baik pendidikan formal maupun informal jika memperoleh dukungan dari lingkungan sekitar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan reinforcement yang diberikan keluarga dengan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation dengan desain  cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah semua ibu dari 202 siswa di SLBN Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 ibu. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala Likert. Hasil penelitian ini didapatkan terdapat hubungan antara reinforcement yang diberikan orang tua dengan prestasi ABK di SLBN Kota Langsa dengan nilai p-value = 0,030. Disarankan kepada pihak sekolah agar memberikan pelatihan kepada orang tua terkait pentingnya pemberian reinforcement kepada anak sehingga anak akan merasa dihargai yang tentunya akan berdampak pada prestasi belajar. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

INJ

Publisher

Subject

Nursing

Description

Idea Nursing Journal (INJ) adalah suatu media yang dapat digunakan untuk, mendiseminasi, dan mengarsipkan karya perawat peneliti di Indonesia. Karya yang dipublikasikan dalam jurnal ini secara tidak langsung diakui sebagai karya kecendekiawanan penulis dalam bidang keperawatan. Artikel antara lain ...