JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 1: April 2022

Resistensi Kultur Pesantren di Madura Menghadapi Kemajuan Teknologi (Studi Pelaksanaan Pendidikan Daring di Pesantren Banyuanyar Kabupaten Pamekasan)

Mohammad Afifuddin (Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan yang memiliki kultur khas, sebab posisi pesantren selama ini dianggap sebagai sub-kultur. Saat ini kultur yang berkembang di pesantren menghadapi tantangan berupa masifnya penggunaan teknologi sebagai instrumen pembelajaran di lembaga pendidikan. Hal tersebut awalnya merupakan konsekuensi dari globalisasi revolusi teknologi informasi, akan tetapi terakselerasi dengan sangat cepat di era pandemi Covid-19. Di Indonesia, bahkan di seluruh dunia mengalami transformasi pola pembelajaran dari awalnya berbasis luring menjadi daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana respon pesantren dengan kulturnya yang khas menghadapi transformasi pola pembelajaran berbasis online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analytical approach, dan case approach. Lokasi penelitian dilakukan di Pesantren Banyuanyar Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa terjadi resistensi kultural dari pesantren terhadap kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pesantren tetap berpegang pada tradisi bahwa santri tidak diizinkan menggunakan handphone atau laptop untuk pembelajaran daring. Bahkan beberapa kali pesantren mengadakan pembelajaran tatap muka secara diam-diam. Kemudian ada faktor lain yakni belum tersedianya akses terhadap jaringan internet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...