Model pembelajaran SQ3R merupakan model pembelajaran (Survey, Question, Read, Recite, Review) yang membantu siswa berpikir tentang teks yang mereka baca sehingga siswa mendapatkan pemahaman ketika pertama kali mereka membaca teks tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa pada kelas VII MTs Ihya Ulumuddin. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, yang dimana variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar fisika siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dimana dalam penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan separated varian menunjukan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 2,284 dan untuk taraf signifikan 5% didapatkan nilai ttabel = 2,024 dan dk = n1 + n2 – 2 = 20 + 20 – 2 = 38. Karena thitung lebih besar dari ttabel (t_hitung=2,284 t_(tabel )=2,024) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas VII MTs Ihya Ulumuddin.
Copyrights © 2022