Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 5 No. 1 (2022): April 2022

Profesional, Pedagogik, Keterampilan, dan Kinerja Tutor

Kusmaladewi (Universitas Terbuka Makassar)
M. Arifin Zaidin (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi profesional, pedagogik, dan kompetensi keterampilan dasar tutorial dengan kinerja tutor PG PAUD di UPBJJ UT Makassar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 550 dan sampel ditetapkan sebesar 213 mahasiswa PG PAUD. Penetapan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dan penarikan sampel menggunakan multistage rundom sampling. Pengumpulan data dilakukan dalam dua cara, yaitu menyebarkan angket tertutup secara daring dan secara luring. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson dengan fasilitas SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi profesional (X1) dengan kinerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,849a (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik (X2) dengan konerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,873a (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi keterampilan dasar tutorial (X3), dengan kinerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,842a, dan (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi professional X1), kompetensi pedagogik (X2),dan kompetensi keterampilan dasar tutorial (X3), dengan kinerja tutor (Y) koefisien korelasi sebesar 0,908a. Artinya, pengaruh antara variabel X1, X2,X3 dengan variabel Y sangat kuat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...