Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Transformasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Pada Masa Pademi Covid-19

Purniadi Putra (Institut Agama Islam SUltan Muhammad Syafiuddin Sambas)
Arnadi Arnadi (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis transformasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Dasar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan semua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Matthew B. Milles Hubberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi model pembelajaran PAI yang digunakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas selama masa pandemi Covid-19 yakni blanded learning dengan menggunakan media sosial seperti Youtube dan Whatsapp. Pembelajaran PAI dengan moda daring dirancang oleh Sekolah menggunakan Grup Whatsapp. Sedangkan untuk pembelajaran PAI dengan moda luring, pertemuan tatap muka secara bergiliran, berkelompok, dan diatur jadwalnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar is a journal published by Laboratorium Journal FITK UIN Malang, published twice a year in the June and December periods as a vehicle for scholarly communication in primary education and learning. Editors invite experts and academics to contribute ...