KUMARA CENDEKIA
Vol 10, No 1 (2022): Kumara Cendekia

IMPLEMENTASI PERANCANGAN PEMBELAJARAN ANTI NARKOBA ANAK USIA DINI PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK

Muhammad Reza (Unknown)
Rachma Hasibuan (Universitas Negeri Surabaya)
Nurul Khotimah (Universitas Negeri Surabaya)
Melia Dwi Widayanti (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2022

Abstract

Penggunaan narkoba di Indonesia sudah masuk taraf yang tinggi. Pencegahan penggunaan narkoba perlu dilaksanakan sejak dini yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu untuk membuat perencanaan pembelajaran anti narkoba pada anak usia dini sebagai langkah pencegahan. Materi pembelajaran anti narkoba pada anak usia dini adalah (1) pola hidup sehat, (2) menghargai diri sendiri dan orang lain sebagai bentuk sikap spiritualitas, (3) karakter jujur dan asertif yang merupakan bagian dari sikap kepribadian anak usia dini yang perlu dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental, dengan membandingkan nilai pre test dan post test pada peserta pelatihan yang berjumlah 30 guru TK di Kabupaten Lumajang. Instrumen yang digunakan adalah alat ukur untuk mengetahui pemahaman konsep pendidikan anti narkoba pada anak usia dini dengan mengacu pada BNN (Badan Narkotika Nasional) dan NIDA (National Institute on Drug Abuse. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu membandingkan nilai rata-rata pre test dan post test. Hasil yang diperoleh dari penelitian pre eksperimental ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam memahami dan merancang pembelajaran anti narkoba anak usia dini. Rata-rata nilai pre test sebesar 50 dan nilai rata-rata post test sebesar 85. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan pelatihan perancangan pembelajaran anti narkoba pada anak usia dini untuk guru lebih banyak dilakukan.

Copyrights © 2022