Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar video dan kartu misteri dikhuskan untuk materi teks biografi sebagai opsi dalam menjalani masa new normal dari pandemi covid 19.Desain/motode/pendekatan - Model pengembangan yang dipakai adalah model ADDIE, terdiri dari tahap: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Validator media terdiri dari beberapa ahli di bidangnya yakni ahli materi, ahli media, serta telah melalui tahap uji coba terbatas dan uji lapangan.Temuan/hasil penelitian - Hasil dari pengembangan video ini adalah valid dan dapat digunakan untuk materi teks biografi siswa kelas X. hal ini dapat ditunjukkan pada uji efektivitas yang memperoleh skor rata-rata lebih tinggi 87,6 pada saat pos tes, sedangkan pra tes 56,0. Uji validitas produk dilakukan oleh ahli materi 88%, ahli media, 80%, uji coba terbatas 83%, dan uji coba lapangan 82% masuk dalam kategori valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar.Kesimpulan - Penelitian pengembangan bahan ajar video dan kartu misteri dikhususkan untuk materi teks biografi siswa kelas X SMK National Media Center (NMC) kota Malang sebagai opsi menjalani masa new normal dari pandemi covid 19. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE terdiri dari tahap: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation.
Copyrights © 2022