Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SALURAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING DI SMAN 14 MAKASSAR

Linda Herman Herman (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haris (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Yani (Universitas Negeri Makassar)
Subaer Subaer (Universitas Negeri Makassar)
Usman Usman (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperiment yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika melalui saluran google classroom di kelas XI MIPA 1 SMAN 14 Makassar. Variabel penelitian adalah penggunaan saluran google classroom sebagai saluran media pembelajaran fisika secara daring dengan indikator hasil belajar fisika melalui saluran google classroom. subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 14 Makassar yang berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes hasil belajar fisika peserta didik yang diberikan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor keseluruhan rata-rata persetase hasil belajar fisika melalui saluran google classroom berada pada kategori Sangat Tinggi dengan persentase 62,85%, sementara pada skor persentase hasil belajar fisika untuk indikator menerapkan (C3) memperoleh persentase tertinggi sebesar 57,14% dengan kategori Sangat Tinggi. Adapun untuk indikator menganalisis (C4) memperoleh persentase tertinggi sebesar 54,29% dengan kategori Sangat Tinggi. Kata kunci: canva, google classroom, hasil belajar fisika, media pembelajaran fisika.

Copyrights © 2022