Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI WEBLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 4 GOWA

Andi Sitti Rasiah (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Gowa)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi weblog sebagai media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran  Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dalam bentuk pretest posttest control group design dengan jumlah populasi 131 orang dan 65 orang digunakan sebagai sampel. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Uji instrumen tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas dengan KR-20, sedangkan uji instrumen angket menggunakan uji validitas dengan korelasi product moment pearson dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Uji prasyarat menggunakan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap penggunaan teknologi weblog dalam pembelajaran berada pada kategori baik dengan rata-rata skor angket 68,09. Penggunaan media pembelajaran menggunakan teknologi weblog mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran  Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gowa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis uji-t, hasil thitung menunjukkan angka 5,10 yaitu lebih besar dari ttabel yaitu 1,998 (5,10 > 1,998) yang berarti pengaruh penggunaan media pembelajaran menggunakan teknologi weblog dalam pembelajaran adalah signifikan. Hal tersebut juga dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil posttest siswa yang tidak menggunakan teknologi weblog dalam pembelajaran yaitu 74,73 dan rata-rata nilai posttest siswa yang menggunakan teknologi weblog dalam pembelajaran yaitu 88,66 dengan rentangan perbedaan yang cukup tinggi yaitu berkisar 13,93.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...