Jurnal Ilmu Komunikasi Progressio
Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 No.1 Maret 2022

Peran Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Primaya Hospital Evasari Jakarta

Lusia Ratna Rinci (Universitas Mpu Tantular)
Ratih Kurnia Hidayati (Universitas Mpu Tantular)
Sitinah Sitinah (Universitas Mpu Tantular)
Joshua Fernando (Universitas Mpu Tantular)
Fitriana Sandi (Universitas Mpu Tantular)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Komunikasi Kesehatan menjadi isu penting saat ini dalam meningkatkan pelayanan isntitusi kesehatan seperti Rumah Sakit. Peningkatan citra pelayanan kesehatan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Bagi Rumah Sakit swasta peningkatan mutu pelayanan dibutuhkan untuk membangun citra institusi. Hubungan Masyarakat (Humas) mengambil peran untuk menjaga pelayanan distribusi informasi dari internal dan eksternal berjalan dengan baik.Primaya Hospital Evasari merupakan salah satu Rumah Sakit yang ada di kawasan Jakarta Pusat. Tujuan penelitian ini ingin menlihat bagaimana peran Humas dalam meningkatkan mutu pelayanan, dimana Primaya Hospital Evasari dikenal sebagai Rumah Sakit Ibu dan Anak, yang melakukan re-branding menjadi Rumah Sakit Umum.Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep-konsep Peran Humas Rosady Ruslan dan konsep mutu pelayanan mengacu pada Parasurama. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, dengan menggunakan teknik triangulasi,yang bertujuan untuk menjelaskan dengan sedalam–dalamnya diamana penelitian ini menggali kebenaran informasi melalui metode dan sumber perolehan data.Temuan penelitian, Humas Primaya Hospital Evasari mempunyai peran penting dan mendorong  keberhasilan dalam meningkatkan mutu pelayanan yang dalam hal menjadi  communicator, membina relationship, dan membangun coorporate Image. Sedangkan mutu pelayanan di Primaya Hospital Evasari mengalami peningkatan  tangible, responsive, Assurance serta Empaty.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progressio

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

- Manajemen Komunikasi - Media Literasi - Cyber Media - Komunikasi dan Gender - Semiotika - Komunikasi Pemasaran - Komunikasi Organisasi - Komunikasi Sosial dan ...