Perspektif Komunikasi; Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Vol 3, No 1 (2019): Perspektif Komunikasi

PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT PELAJAR STUDI KE JERMAN MELALUI EURO MANAGEMENT

Praptiningsih, novi Andayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2019

Abstract

Euro  Management  adalah  perusahaan  yang  bergerak  di  bidang  jasa  dan  konsultasi  pendidikan  untuk  pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi di negara-negara Eropa, khususnya Jerman. Salah  satu  alternatif  promosi  Euro  Management  antara  lain  melalui  word  of  mouth  yang  dilakukan  oleh konsumen. Word of mouth merupakan salah satu promosi dengan memberitahukan tentang informasi dari satu orang  ke  orang  yang  lain,  dimana  biasa  dilakukan  dengan  cara  oral  communication  atau  bahasa  verbal  berupa bahasa lisanPenelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) adakah pengaruh word of mouth terhadap minat pelajar studi ke Jerman melalui Euro Management, dan 2) seberapa besar pengaruh pengaruh word of mouth terhadap minat pelajar studi ke Jerman melalui Euro Management. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan paradigma klasik/positivis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang pelajar sebagai konsumen Euro Management. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan dilakukan uji instrument,  yakni uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan data sekunder bersumber pada studi literatur. Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana  dan  analisis  regresi  linear  sederhana.  Penelitian  menunjukkan  bahwa  Word  of  mouth  berpengaruh positif terhadap minat pelajar studi ke Jerman melalui Euro Management. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi, nilai koefisien korelasi antara word of mouth Euro Management terhadap minat pelajar studi ke Jerman adalah sebesar  0,663.  Berdasarkan  kriteria  interpretasi  koefisien  korelasi,  nilai  tersebut  terletak  0,60  sampai  dengan 0,799  dengan  kriteria  kuat.  Maka  dapat  disimpulkan  bahwa  korelasi  variabel  word  of  mouth  terhadap  minat pelajar melanjutkan studi ke Jerman melalui Euro Management kuat.   Kata kunci: Minat, Pelajar, Studi, Word of Mouth

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and Scope Perspektif Komunikasi focuses on writings that contains research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various perspectives and angles include: 1. Political Communication, features cutting-edge theory-driven empirical research at the intersection of ...