Indonesian Journal of Strategic Management
Vol 4, No 2 (2021): Indonesian Journal of Strategic Management

Analisis Kinerja Portofolio Reksadana Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi kasus pada reksadana saham yang terdaftar di bursa efek Indonesia 2020)

Komarudin, Munir Nur (Unknown)
Kuntara, Taopik Mulyana (Unknown)
Djuniardi, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2021

Abstract

Reksa dana saham merupakan reksa dana yang menawarkan tingkat pengembalian tinggi dengan risiko yang lebih tinggi pula dikarenakan dipengaruhi oleh tingkat fluktuasi harga saham pada bursa efek . Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja reksadana saham dengan menggunakan metode Sharpe, Treynor dan Jensen khususnya pada masa pandemi covid-19 dimana kondisi pasar sangat fluktuatif . Penelitian meerupakan penelitian dekspriptif comparatif yang bertujuan untuk menjawab hipotesis perbandingan dari setiap metode pengukuran kinerja portofolio reksadana, membandingkan kinerja portofolio reksa dana saham sebelum dan pada masa pandemi covid-19 dan membandingkan kinerja reksa dana saham dengan kinerja pasar pada masa pandemi covid-19 . Berdasarkan hasil penelitian, Pengukuran kinerja portofolio reksa dana saham dengan metode Sharpe, Treynor dan Jensen menghasilkan hasil yang konsisten, kemudian Kinerja  Reksa dana saham pada masa pandemi lebih baik daripada sebelum pandemi covid-19, dan kinerja reksa dana saham berada diatas kinerja pasar pada masa pandemi covid-19 2020. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijsm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

IJSM: Indonesian Journal of Strategic Management with p-ISSN 2614-5391 and e-ISSN 2614-2406 is a peer reviewed journal published in Indonesia by the Department of Management, Faculty of Economic and Business, the University of Kuningan (Prodi Manajemen FEB UNIKU). This Journal is published twice a ...