Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah mengontrol kemarahan guru dalam manajemen kelas. Metode penelitian ini berbasis literatur atau studi pustaka. Hasil pembahasan adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan guru untuk menyalurkan kemarahannya sehingga kemarahan itu bisa dikontrol dan menjadi konstruktif. Langkah-langkah ini bisa dipraktekkan oleh guru di depan siswa agar siswa juga punya role model saat mengontrol kemarahannya, dimulai dengan guru mengenali pesan-pesan tubuhnya, lalu menata dirinya sendiri setelah itu menyampaikan kemarahan dalam kalimat yang sopan, tegas dan tepat sasaran. Guru yang muslim, juga bisa menambahkan dengan menggunakan metode ajaran Islam dalam mengontrol kemarahan. Hasilnya adalah guru mampu mengendalikan diri saat marah dalam mengelola kelas dan siswa memahami bahwa gurunya adalah manusia biasa, yang juga memiliki emosi marah serta memahami apa yang menyebabkan gurunya marah dalam proses pembelajaran
Copyrights © 2022