Jurnal Biology Education
Vol 10, No 1 (2022): Volume 10 Nomor 1 Edisi Khusus Tahun 2022

HUBUNGAN PERILAKU SISWA TENTANG MAKANAN JAJANAN TERHADAP STATUS GIZI ANAK DI SD NEGERI 2 TEUNOM

Rahma Yani (Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM UTU, Meulaboh, Indonesia)
Fitrah Reynaldi (Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM UTU, Meulaboh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Terdapat banyak siswa di SD Negeri 2 Teunom yang membeli makanan janjanan yang tidak memenuhi syarat keamanan pangan. Salah satu dampak buruk dari kegiatan tersebut yaitu mempengaruhi status gizi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku siswa tentang makanan jajanan terhadap status gizi anak di SD Negeri 2 Teunom yang terdiri dari aspek pengetahuan, sikap, dan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Teunom tepatnya di Desa Alue Ambang, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya pada Bulan November 2021. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas III dan IV sebanyak 30 siswa. Sampel yaitu 30 siswa dengan teknik pengambilan yaitu total sampling. Pengumpulan data yaitu wawancara dengan instrumen lembar pedoman wawancara, dan observasi dengan instrumen lembar pedoman observasi. Analisis data dilakukan secara analisis statistik yaitu uji Chi-square dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Hasil penelitian diketahui terdapat hubungan antara pengetahuan tentang makanan jajanan terhadap status gizi anak di SD Negeri 2 Teunom (-pvalue = 0,000 α = 0,05), terdapat hubungan antara sikap tentang makanan jajanan terhadap status gizi anak di SD Negeri 2 Teunom (p-value = 0,000 α = 0,05), dan terdapat hubungan antara tindakan  tentang makanan jajanan terhadap status gizi anak di SD Negeri 2 Teunom (p-value = 0,000 α = 0,05).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...