Jurnal Optimalisasi
Vol 8, No 1 (2022): April

Analisis Beban Kerja Operator pada Stasiun Boiler Menggunakan Cardiovascular Load (CVL) (Studi Kasus: PT. Socfindo Indonesia Perkebunan Seunagan)

Josua Samosir (Universitas Teuku Umar)
Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti (Universitas Teuku Umar)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

PT. Socfindo Indonesia Perkebunan Seunagan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi Crude Palm Oil (CPO) dan Inti sawit (biji kernel). Di perusahaan sering terjadi nya stem naik turun saat produksi dimulai yang dimana bahan bakar boiler harus diisi setiap 5 menit sekali. Penelitian ini dilakukan di stasiun boiler yang memiliki 5 operator. Penelitian ini dilakukan selama 6 hari kerja dengan pengamatan selama 7 jam kerja per hari dan data yang akan diambil yaitu denyut nadi operator sebelum mulai kerja, setelah mulai kerja, istirahat kerja dan sesudah selesai kerja. Beban kerja yang di ukur adalah beban kerja fisik. Beban kerja fisik diukur menggunakan cardiovascular load (CVL). Adapun hasil dari persentase cardiovascular load (% CVL) yang diterima setiap operator di stasiun boiler dalam perhitungan %CVL terhadap operator di stasiun boiler diatas, 3 operator di stasiun boiler yaitu Halim Bako, Wito dan Edi Sanjaya mengalami beban kerja fisik yang termasuk dalam kategori tidak terjadi kelelahan pada operator sedangkan 2 operator lainnya yaitu Suroto dan dedi freato mengalami beban kerja fisik yang termasuk dalam kategori memerlukan perbaikan dengan nilai yang didapat yaitu 33.14% (CVL 30% s/d < 60%) dan 31.15%  (CVL 30% s/d <60%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joptimalisasi

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JURNAL OPTIMALISASI (JOPT) merupakan jurnal elektronik online yang diterbitkan oleh Program studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar. JOPT memuat kajian dibidang Manufaktur, Ergonomi dan Manajemen Rantai Pasok. Tujuan penerbitan jurnal optimalisasi adalah sebagai wadah ...