SEMESTA
Vol 2 No 1 (2019): Science Education Journal

Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu

Rani Oktavia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

Artikel ini merupakan hasil analisis berbagai artikel penelitian yang menguji pengaruh pembelajaran dan bahan ajar berbasis STEM dalam pembelajaran IPA terpadu. Salah satu perbedaaan mendasar antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah pelaksanaan pembelajaran IPA yang dilakukan secara terpadu. Model keterpaduan yang disarankan adalam Kurikulum 2013 adalah model shared, connected, webbed, dan integrated. Pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu dapat didukung dengan adanya bahan ajar terpadu. Bahan ajar IPA terpadu dapat dikembangkan dengan basis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran IPA terpadu dalam rangka pencapaian kompetensi abad 21. Berdasarkan hasil analisis berbagai artikel penelitian didapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran IPA terpadu berbasis STEM dapat meningkatkan berbagai kompetensi siswa. Diharapkan dengan bahan ajar berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan berpikir kreatif, dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

semesta

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Other

Description

SEMESTA is a peer-reviewed and scientific journal published by the Padang State University (UNP) in collaboration with the Association of Indonesian Mathematics and Natural Sciences Teaching Institutions (AMLI) published in two times a year. This journal aims to publish articles containing reports ...