cover
Contact Name
Rahmah Evita Putri
Contact Email
rahmahep@fmipa.unp.ac.id
Phone
+6285760598611
Journal Mail Official
prodiipa16@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
SEMESTA
ISSN : 25991817     EISSN : 25981951     DOI : https://doi.org/10.24036/semesta
SEMESTA is a peer-reviewed and scientific journal published by the Padang State University (UNP) in collaboration with the Association of Indonesian Mathematics and Natural Sciences Teaching Institutions (AMLI) published in two times a year. This journal aims to publish articles containing reports on science education, ethnoscience, evaluation and secondary school research.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 94 Documents
THE IMPLEMENTATION OF STEM-BASED APPROACH TO INCREASE STUDENTS SCIENCE LEARNING ACTIVITY ON 8TH GRADE STUDENTS MTSN SOLOK Yetti Laswita Putri
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 4 No 1 (2021): Science Education Journal, Forth Edition
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.212 KB)

Abstract

Pembelajaran IPA cenderung dekat dengan kehidupan nyata, sehingga akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik dalam memahami konsep – konsep materi yang ada, maka dari itu pembelajaran IPA akan lebih menarik lagi jika disandingkan bersamaan dengan perkembangan teknologi. Apalagi pada saat ini peserta didik lebih cepat akrab dengan teknologi, sehingga kita sering mengistilahkan generasi milenial, dimana dalam kehidupannya tanpa hari tanpa hp.Maka dari itu pembelajaran memang harus disiapkan sesuai dengan perkembangan zaman peserta didik dalam menyongsong abad 21, sehingga pembelajaran IPA diharapkan dapat mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis dan strategis sehingga mampu melatih peserta didik untuk berpikir kritis, inovatif, komunikatif dan bertanggung jawab. Oleh karena itu pembelajaran berbasis STEM ( Sains Teknology Enjinering Mathematic ) sangat tepat jika digunakan dalam proses pembelajaran karena memiliki karakteristik pembelajaran abad 21 yaitu Science, Teknology, enginering and Mathematic, sehingga akan memberi dampak terhadap berbagai bidang kehidupan. dimana proses pendidikan dituntut untuk menyiapkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas agar dapat memproses informasi tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan kenyataan.
Pemahaman Pemahaman Masyarakat Pantai Gajah Kelurahan Air Tawar Barat terhadap Pemanfaatan Pohon Waru cici wahyuni; Skunda Dilliarosta
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 3 No 1 (2020): Science Education Journal
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.886 KB)

Abstract

Pohon waru adalah jenis tumbuhan yang hidup di ekosistem pantai dan merupakan tumbuhan asli dari daerah Tropika Pasifik Barat, pohon ini banyak mengandung manfaat mulai dari akar, batang dan daunnya. Telah dilakukan peninjauan observasi terhadap budaya yang telah berkembang di kehidupan masyarakat mengenai bagaimana pemanfaatan dari pohon waru. Hasil wawancara dengan narasumber yang merupakan tokoh masyarakat atau orang tua diPantai Gajah Kelurahan Air Tawar Barat tentang Pemanfaatan Pohon Waru. Oleh masyarakat Pantai Gajah Kelurahan Air Tawar Barat ternyata pohon Waru bermanfaat karena dapat digunakan sebagai pelindung atap rumah untuk melindungi dari angin kencang, badai dan mencegah terjadinya abrasi oleh air laut karena ditahan oleh akar dari pohon Waru. Selain itu daun pohon Waru digunakan sebagai pembungkus Kue Bika atau yang sering dikenal oleh masyarakat kue Singgang. Menurut masyarakat dengan penggunaan daun pohon Waru sebagai pembungkus kue Bika dapat menimbulkan bau harum dan tidak perlu menggunakan pengharum buatan. Akar dari pohon Waru dapat digunakan sebagai pendingin untuk menangani demam.
LOCAL AWARENESS IN THE TRADITION OF BALIMAU PAGA TO WELCOME THE HOLY MONTH OF RAMADHAN IN KAMBANG IN PESISIR SELATAN DISTRICT Nanda Safira
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 4 No 1 (2021): Science Education Journal, Forth Edition
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.246 KB)

Abstract

This study was conducted to determine the implementation process of the Balimau Paga tradition, the meaning contained in the Balimau Paga tradition and the shifts that occur in the implementation of the Balimau Paga tradition in Kambang sub-district, Pesisir Selatan Regency. This type of research is qualitative using descriptive methods. The research data were collected by conducting observations, interviews and documentation studies. The results showed that the process of implementing Balimau Paga was carried out a day before entering the holy month of Ramadan. This tradition is carried out by the community, where, Balimau with lime brought by nephews. From the results of this study it can be concluded that the Balimau Paga tradition is starting to experience irregularities. Therefore it is recommended to all community members to maintain the Balimau Paga custom or tradition that has been preserved and carried out by previous generations by consistently implementing it.
Kelayakan Isi Bahan Ajar Fisika Termal Terpadu Berbasis High Order Thinking Skill Rahmah Evita Putri
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 2 No 1 (2019): Science Education Journal
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.613 KB) | DOI: 10.24036/semesta.v2i1.42

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan isi dari bahan ajar fisika termal terpadu berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Uji kelayakan isi menggunakan instrumen kelayakan isi baku oleh (Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Uji kelayakan isi dilaksanakan dengan cara memberikan draft bahan ajar beserta instrumen kepada 5 orang ahli dengan latar belakang yang berbeda. Pada uji kelayakan isi terdapat enam komponen yang akan dinilai, diantaranya cakupan materi, akurasi materi, kemutakhiran, wawasan produktifitas, keingintahuan, dan keterpaduan. Hasil uji kelayakan didapatkan bahwa bahan ajar fisika termal terpadu berbasis HOTS berada pada kategori layak secara isi.
Pengembangan LKS Berbasis Model Concept Attainment pada Materi Momentum, Impuls dan Getaran Harmonis Untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA Wahyu Diana Ikbal
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/semesta.v1i2.32

Abstract

Fisika adalah salah satu mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah. Pembelajaran fisika dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013. Ciri khas dari Kurikulum 2013 salah satunya adalah pendekatan saintifik yang terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Kenyataan disekolah menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam pendekatan saintifik belum dilaksanakan secara sempurna, masih terbatasnya bahan ajar yang menunjang proses pembelajaran, dan rata-rata hasil belajar siswa rendah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat LKS berbasis model concept attainment. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas dan praktikalitas dari LKS berbasis model concept attainment pada materi momentum, impuls dan getaran harmonis. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis model conceptual attainment yang diuji cobakan kepada siswa kelas X SMAN 4 Pariaman. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk dan analisis praktikalitas produk.Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, validitas produk memiliki tingkat validitas tinggi dengan nilai rata-rata 81,7 dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas LKS berbasis model conceptual attainment menurut respon siswa yaitu 82,3 dengan kriteria sangat praktis.
TRADITIONAL TREATMENT AND MANAGEMENT OF MAGIC DISTURBANCE USING BIDARA LEAVES IN LUBUK BUAYA KELURAHAN PADANG SARAI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG Hafizhah Hamdah
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 3 No 2 (2020): Science Education Journal
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.172 KB)

Abstract

This article aims to describe a model of treatment that utilizes plants (plant medicine) found in the Padang tradition, especially Lubuk Buaya and its surroundings. The method used in this research is a qualitative research method and is descriptive in nature with an interactive analysis model. The author concludes that in the medicinal tradition using plants that are assisted by smart people in the Lubuk Buaya community. This tradition has probably been going on from generation to generation. This can be proven by still using this method of treatment. Some traditions may have originated outside the Padang culture which entered into the tradition along with the association of the community with other communities. There is no definite basis (logic) regarding the treatment. Some of the reasons for doing treatment with plants and helping smart people, namely because of traditions / habits and the presence of mystical elements. Another logic is the logic of transition, which is to consider things that are on the help of the smart person. This logic is quite common.
ANALYSIS OF LOCAL WISDOM IN AGRICULTURE AND PLANTATION IN TARANTANG VILLAGE, PADANG CITY Tania Mutiara Rizki
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 4 No 2 (2021): Science Education Journal
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.97 KB)

Abstract

Observations were made in Tarantang sub-district Lubuk sub-district of Padang city to find out local wisdom and relate it to science. The purpose of this observation is to prove that the local wisdom of farming that has existed since the days of the ancients is related to the science and science that are developing at this time. The observation activity that we do uses the interview method. The interview was conducted by being recorded. Data obtained is based on local wisdom used by respondents. From the results of the interview it was found that the respondent did not have special education to start farming. Some of the crops from farming are sold to agents, and some are consumed by families.
URGENTLY-NEEDED: STUDENT-FRIENDY LEARNING RESOURCES ON ATOMIC STRUCTURE AND PERIODICAL PROPERTIES OF ELEMENTS Monica Prima Sari
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 3 No 1 (2020): Science Education Journal
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (853.21 KB)

Abstract

This study aimed to figure out what kind of learning resources that science students-teacher used at Basic Inorganic Chemistry Course, especially for the topic of Atomic Structure and Periodical Properties of elements, given the fact that they have studied these topics twice: in Chemistry subject at senior high school and in the second semester at the university. The main background of this study was students’ grades at the end of the semester which was still not living up to the expectation. We believed there could be several factors behind this result. However in this study, we focused on one factor: learning resources. A survey was conducted to figure out: 1) what kind of learning resources that students use; and 2) what are the characteristics of learning resources students expect to have to help them in this course. The data was then analyzed with descriptive statistics technique. Our discussion expanded to the existing learning resources that students can access and what we could offer to help narrowing the gap.
Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII Melalui Bahan Ajar IPA Terpadu Dengan Tema HALO Pada Topik Kalor Rahmah Evita Putri
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1183.735 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment), dengan tujuan yakni meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah melalui bahan ajar IPA terpadu dengan tema Halo pada topik kalor. Bahan ajar yang digunakan yakni menggunakan bahan ajar ipa, yang dipadukan dengan model webbed, dan telah diuji kelayakannya menggunakan uji kelayakan berdasarkan kriteria BNSP. Kemampuan argumentasi ilmiah siswa diuji dengan menggunakan soal essai dengan cakupan materi perubahan wujud zat dan kalor. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas eksperimen pada saat pretest. Pada kelas kontrol didapatkan rata-rata sebesar 63,71 sedangkan dikelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,71. Sehingga kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki selisih nilai sebesar 1,00. Peningkatan argumentasi ilmiah antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda secara signifikan. Dimana kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan bahan ajar IPA terpadu dengan tema Halo mendapatkan nilai N-Gain pada kategori tinggi (0,84) berbeda dengan kelas kontrol yakni kelas yang menggunakan bahan ajar IPA terpadu konvensional mendapatkan nilai N-Gain pada kategori sedang (0,64)
ETHNOMEDICINE OF Moringa Oleifera Lam. AT PERUMAHAN UNAND KECAMATAN PAUH, PADANG Annisa Destrina; Skunda Diliarosta
SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching Vol 4 No 1 (2021): Science Education Journal, Forth Edition
Publisher : Pendidikan IPA, FMIPA, UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.55 KB)

Abstract

Moringa oleifera Lam. (MO) merupakan salah satu tumbuhan yang sudah banyak diketahui kegunaannya oleh masyarakat Indonesia yang disebut dengan Kelor. MO milik keluarga Moringaceae. Kelor merupakan tumbuhan bermanfaat yang banyak digunakan sebagai tanaman obat dan dapat dimakan makanan yang dinamakan Amazing Tree dan The Miracle Tree. Moringa oleifera memiliki beberapa farmakologis potensi yaitu anti mikroba, antioksidan, makanan bergizi, anti kanker dan anti diabetes. Penulisan artikel ini mengumpulkan informasi tentang penggunaan tumbuhan etnobotani Moringa oleifera dan hasil uji kandungannya. Informasi ini diharapkan dapat menjadi informasi untuk mengetahui potensi kelor lainnya sebagai sumber obat tradisional maupun modern.

Page 1 of 10 | Total Record : 94