Pancasila: Jurnal Keindonesiaan
Vol. 1 No. 1 (2021): VOLUME 1 NOMOR 1 APRIL 2021

RELASI NEGARA DAN AGAMA DALAM PERATURAN DAERAH BERNUANSA SYARIAH: PERSPEKTIF PANCASILA

Farida Patittingi (Universitas Hasanuddin)
Irwansyah Irwansyah (Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Indonesia)
Muhammad Hasrul (Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Indonesia)
Muhammad Ilham Arisaputra (Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Indonesia)
Ahsan Yunus (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan evaluasi Peraturan Daerah Kabupaten EnrekangNomor 5 Tahun 2005 tentang Pandai Baca Al-Qur’an dan relevansinya terhadap nilai-nilaiPancasila. Penelitian ini adalah metode penelitian yuridis normatif. Pendekatan menggunakanpendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan analitis. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa indikator nilai dalam Pancasila, jika dikontekstualisasikandengan Peraturan Daerah tentang Pandai Baca Al-Qur’an di Kabupaten Enrekang, terdapatbeberapa indikator yang tidak sejalan, bahkan dapat dikatakan cenderung bernuansadiskriminatif. Perda yang diterbitkan pada suatu daerah tidak boleh mengatur untuk 1 (satu)golongan saja, namun harus mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa mengenalperbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Dapat pula dikatakan tidak memberikan keadilansecara lahir maupun batin terhadap pemeluk agama Islam oleh sebab adanya beberapapenambahan persyaratan pada wilayah-wilayah tertentu. Terdapat ketentuan sanksi yang dapatmenggugurkan pemeluk agama Islam untuk berkompetisi pada sektor tertentu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJK

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pancasila: Jurnal Keindonesiaan (PJK) is scientific journal published biannually (April & October) by Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Republic of Indonesia. PJK constitutes an international journal to facilitate researchers, policy makers, and practitioners to contribute their scientific ...