Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 20, No 2 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 2, 2020

UPAYA PEMBIMBING ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK TUNANETRA DI ASRAMA SLBN A CITEUREUP CIMAHI

Amelia, Ajeng (Unknown)
Ehan, E. (Unknown)
Ahlan, Riksma Nurahmi Rinalti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembimbing asrama dalam meningkatkan kemandirian khususnya kemandirian nilai para peserta didik tunanetra yang memasuki usia remaja. Kemadirian nilai merupakan kemampuan memaknai seperangkat prinsip tentang benar dan salah, tentang apa yang penting dan apa yang tidak penting. Melalui pembimbing asrama yang menggantikan orang tua mereka, peserta didik di Asrama SLBN A Citeureup Cimahi diberi pelatihan untuk mentaati peraturan yang ada diasrama agar para peserta didik disiplin dan bertanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari dua orang pembimbing asrama dan peserta didik tunanetra yang berusia remaja 14-15 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembimbing asrama menyusun pembuatan program sampai pelaksanaannya dengan membuat peraturan yang disepakati oleh semua peserta didik tunanetra yang berasrama. Pembimbing asrama SLBN A Citeureup Cimahi mampu menghadapi dan mengupayakan permasalahan yang mempengaruhi kemandirian mereka, salah satunya dengan menjaga hubungan komunikasi, tidak dengan kekerasan dan selalu menerapkan sanksi yang telah disepakati.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...