ABSTRAKÂ Berbicara (speaking) adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa disamping keterampilan bahasa inggris lainnya. Melalui berbicara orang dapat mengembangkan ide mereka dan bisa saling mendapatkan informasi satu sama lainnya. Namun fenomena dilapangan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbicara. Siswa tidak dapat mengembangkan ide karena mereka memiliki kosa kata yang terbatas dan merasa malu untuk mengatakan sesuatu dalam bahasa inggris. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran berbicara (speaking).Dalam makalah ini penulis mengkombinasikan dua strategi untuk membantu siswa dalam berbicara, yaitu PMI (Plus, Minus, Interesting) strategi dan Gallery Walk strategi. Dalam penerapan strategi kombinasi ini pada awalnya siswa diberikan sebuah topik untuk dibahas. Dimana strategi PMI (Plus, Minus, Interesting) dan Gallery Walk strategi ini saling berhubungan, sehingga penerapannya bisa dipraktekkan dengan sejalan. Penerapan strategi ini sangat memberikan manfaat bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada strategi kombinasi ini mampu membuat siswa berperan aktif dan melatih siswa untuk berbicara (speaking) sebagai tujuan dari penerapan strategi ini.Â
Copyrights © 2014