Jurnal Buana Informatika
Vol. 6 No. 4 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 4 Oktober 2015

Pengimplementasian CRM Pada Pembangunan E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus: Dolanan Puzzle)

Handaru Eri Pramudiya (Unknown)
Yonathan Dri Handarkho (Unknown)
Flourensia Sapty Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2015

Abstract

Abstract. Using information technology to gain competitive advantage is no longer dominated by big enterprises. Other business units such as MSMEs (Micro Small Medium Enterprises) also start to adopt information technology into their business. E-Commerce is an example of technology that can be used easily to selling and marketing a product. Marketing in E-Commerce can still be improved by integrating CRM (Customer Relationship Management) concept into it. Dolanan Puzzle is an example of MSME focusing on tools of educational games in Yogyakarta. Currently Dolanan Puzzle still uses manual method to run their business. It limits the market of Dolanan Puzzle and it is hard to reach their customers. Integration of E-Commerce with CRM can be a solution for Dolanan Puzzle to develop their business. Using E-Commerce as an online store enables customers to reach Dolanan Puzzle easily. Further more, marketing product from Dolanan Puzzle can also be improved by using implementation of CRM in E-Commerce. Keywords: CRM, E-Commerce, Marketing, Customer, MSME Abstrak. Tren pemanfaatan teknologi informasi untuk meingkatkan keunggulan kompetitif tidak lagi di dominasi oleh usaha berskala besar saja. Unit usaha seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) juga secara bertahap mulai mengadopsi teknologi informasi. E-Commerce merupakan contoh teknologi yang tepat untuk diterapkan pada UMKM dikarenakan dapat menjadi wadah berjualan dan promosi secara online. Pemasaran di dalam E-Commerce pun dapat ditingkatkan dengan penerapan CRM (Customer Relationship Management). Dolanan Puzzle adalah contoh UMKM produsen Alat Permainan Edukatif di Yogyakarta. Saat ini Dolanan Puzzle belum memanfaatkan teknologi informasi dalam bisnisnya. Hal itu membuat pemasaran dari Dolanan Puzzle tersebut sangat terbatas dan hanya sedikit masyarakat yang mengetahui tentang Dolanan Puzzle. Pembuatan E-Commerce dengan pengimplementasian CRM di dalamnya dapat menjadi jalan keluar untuk Dolanan Puzzle dalam mengembangkan usahanya. Adanya E-Commerce sebagai toko online Dolanan Puzzle memudahkan pelanggan dalam mencarinya. Promosi dari Dolanan Puzzle pun dapat ditingkatkan dengan penerapan CRM pada E-Commerce Dolanan Puzzle tersebut. Kata Kunci: CRM, E-Commerce, promosi, pelanggan, UMKM

Copyrights © 2015