Menara Ilmu
Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 APRIL 2022

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA DOSEN DENGAN KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA INSTITUT BISNIS DAN TEKNOLOGI PELITA INDONESIA DI PEKANBARU

Ilyas Ilyas (STIE Bangkinang)
Suarni Norawati (STIE Bangkinang)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Kinerja dosen dapat diartikan sebagai kerja seseorang dalam melaksanakan tugas dan perkerjaan dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab yang diembannya. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja dosen, diantaranya kompetensi, motivasi, disiplin dan kepemimpinan. Penelitian ini dilakukan pada Institut Teknologi dan Bisnis Pelitia Indonesia dengan menggunakan sebanyak 62 dosen sebagai sampel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Multiple Regression Analysis dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kepemimpinan sebagai variabel moderating tidak mampu mempengaruhi hubungan antara kompetensi dengan kinerja. Hal ini disebabkan oleh latar belakang pendidikan dosen sebelum mereka bekerja. Kompetensi yang dimiliki oleh dosen merupakan karakter dasar yang sudah ada dan melekat. Jadi, dalam hal ini kepemimpinan tidak bisa mempengaruhinya namum bukan berarti dosen tidak memiliki kinerja yang baik. Sedangkan kepemimpinan mampu memoderating hubungan antara motivasi, disiplin terhadap kinerja dosen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...