Dalam masa pandemi Covid-19 penyelenggaran pembelajaran daring telah berjalan pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk memonitor efektifitas  pembelajaran daring di Universitas Jambi dan dampaknya terhadap pencapaian standar mutu Unja. Metode penelitian yang dilakukan melalui survey deskriptif dan evaluatif dimana populasinya adalah seluruh dosen dan mahasiswa yang terdaftar pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 403 dosen menganggap 72% telah berjalan dengan baik dari aspek teknologi(75%), pedagogi(67%), etika(79%), dukungan fasilitas(68%), evaluasi(67%) dan desain interface(68%) sedangkan dari sisi mahasiswa sebanyak 7806 orang memperlihatkan 70% pembelajaran daring telah berjalan efektif bila ditinjau dari aspek praktikalitas(65%),interaktifitas (62%),sumber belajar lain (74%), berkolaborasi (68%), keotentikan (73%) dan kontrol belajar (80%). Kemudian dampaknya terhadap pencapaian standar mutu Unversitas Jambi pada kompetensi lulusan termasuk kategori kompeten dalam literasi data (67%), teknologi(80%) dan humanistik (69%). Selain itu efektifitas pemenuhan standar isi sudah sesuai CPL (79%), pencapaian standar proses kategori baik (40%) dan ketercapaian CPL(70%) .Kata Kunci: daring, covid-19,efektifitas, dampak, standar
Copyrights © 2021